ndamar kanginan (sebuah filosofi)

Mripate ndamar kanginan. Mripat , adalah mata, ndamar berasal dari tembung damar , yaitu lampu minyak dengan sumbu. Tembung damar mendapat ater-ater n-, menjadi ndamar , yang bermakna seperti damar. nDamar kanginan maksudnya nyala api lampu minyak yang bergerak-gerak karena terhembus angin. Panyandran (perumpamaan) ini menggambarkan mata pemiliknya yang bercahaya.

Mata adalah sebuah lorong untuk melihat sisi luar dari sebuah ruang ketidak tahuan. Mata tak selalu melihat akan sebuah hal secara objektif, tapi mata pun bisa melihat (mendengar) suara, melihat (mencium) udara/bau, melihat (merasakan) sebuah unsur sosial dan lain sebagainya. Dengan mata seorang mengenal suatu hal yang belum perna diketahui yang pada akhirnya dengan atau tanpa sengaja membuat sebuah keputusan bahwa hal itu salah atau benar, pantas atau tidak, bagus atau jelek dan sebagainya. Tak sekedar mata (bola mata) saja yang melihat tapi unsur berfikir dengan logika ataupun emosi dan wawasan sebuah 'mata' (pengetahuan) turut membuat keputusan atas sebuah hal yang dilihat mata.

Sebuah esensi dari sebuah 'mata melihat' yang dengan atau tanpa kita sadari yang kita lakukan setiap detik waktu yang terkadang tak kita rasakan. Masing-masing orang mempunyai mata untuk bermimpi akan suatu tujuan yang mungkin tak satu setan pun tau. Yang bermuara pada akhir dari sebuah perjalanan hidup yang beretika, bermoral serta bersahaja.

No comments:

Post a Comment

Sering dibaca